Ciangsana Farm

# peternakan kambing perah di pinggir Jakarta#

#001: Cinta Kambing..


Pak RT kok ngarit?
Manager kok ngarit?

Memang itulah kegiatan saya di kala senggang di Sabtu atau Minggu. Dengan mengajak putriku Pambayun, biasanya saya ngarit (mencari rumput dengan sabit) di sekitar komplek. Pambayun pun sangat menikmati hobi papanya.

Lembah Ciangsana yang begitu subur, di bantaran Sungai Cikeas yang berkelok, yang menjadi pertemuan Kabupaten Bekasi dengan Kabupaten Bogor. Sepanjang mata memandang hamparan hijau pohon, dedaunan dan rumput menjadi salah satu bukti kebesaran Tuhan.
“Duh, betapa sia-sianya rumput bila tidak diambil buat kambingku?” selalu begitu pikiranku bila melewati rumput-rumput itu.

Dua pertanyaan di atas sering dilontarkan teman-teman tatkala saya mulai belajar berkecimpung dalam dunia perkambingan. Ya itulah kenyataannya. Kalau lagi gandrung bagaimana lagi? Mungkin tidak jauh beda dengan orang-orang yang hobi ikan ko’i, hobi burung, hobi anthurium alias si “gila” gelombang cinta dan sebagainya. Begitulah adanya.

Koleksi kambingku per hari ini “baru” 11 ekor. Yakni: 5 ekor kambing kacang,  4 ekor kambing Jawa Randu dan 2 ekor PE (Peranakan Ettawah). Belinya tidak langsung bersamaan. Awalnya beli bandot (jantan) Jawa Randu seminggu sebelum Idul Adha (Hari Raya Qurban, 27 November 2009) dari pedagang kambing asal Wonogiri yang buka stand dekat komplekku. Seminggu kemudian beli 1 betina kacang dengan dua anaknya yang usia 3 bulan dari seorang “bandar” kambing di Kranggan. Disusul kemudian 2 kambing kacang; betina berikut anak jantannya. Lalu dapat lungsuran 2 Jawa Randu yang kering susu dari seorang teman di Kranggan. Kemudian beli 2 PE dari Serpong dan terakhir dapat dari Ciawi 1 betina dara Jawa Randu (Detailnya akan saya posting berikutnya).

Awalnya barangkali dua minggu menjelang Hari Qurban, para pedagang kambing sudah mulai menjajakan dagangannya di pinggir-pinggir jalan. Sepanjang jalan yang saya lalui menuju kantor di Kuningan, Jakarta seperti di Jalan Jatirangga, Ujung Aspal, Jatisampurna, Mabes Hankam, Pinangranti, Squadron selalu dipenuhi kambing dan domba.

Lirik kiri-lirik kanan selalu saya lakukan bila melewati kambing-kambing itu. Akhirnya kreteging ati itu tiba. Psiko-historis masa lalu pun muncul; bahwa dulu SD dan SMP saya pernah ngarit membantu orang tua.  Seekor betina kacang titipan orang kita kembang-biakkan (breeding) dan hasilnya kemudian kita jual untuk bayar SPP (uang sekolah). Begitulah! Mungkin “romantisme masa lalu” ini muncul kembali, dan saya ingin mengulangi lagi; Angon Wedhus..!!

Smoga Tuhan memberkati jalanku..
Amin…

(c) aGusJohn,
Kuningan, 4 Februari 2010

February 4, 2010 - Posted by | umum

27 Comments »

  1. bos bagi2 susune wedus dong….alfian cs

    Comment by ardiyanto | April 8, 2010 | Reply

    • lah monggo mampir ke rumah, Cak..
      di rumah ready stock….

      Comment by cintakambing | April 9, 2010 | Reply

  2. pesem susunya . . . anak2 banpres bang naman cs

    Comment by ardiyanto | April 8, 2010 | Reply

    • boleh2…..
      kita siap antarrrr…
      mau berapa liter, Bang Naman???

      Comment by cintakambing | April 9, 2010 | Reply

  3. ojo lali sing gawe kambing

    Comment by man taaba salama | April 10, 2010 | Reply

  4. mau nambah kmbing bos..ocim nitp 22ekor d kndang bang naman yg hmil 4 ekor ..

    Comment by ardiyanto | April 13, 2010 | Reply

    • walah, aku sudah lihat… kacang semua, Pak….
      aku nyari’ kambing yg bisa diperah saja….

      monggo mampir ke kandangku, Bosss..
      banyak model saya…

      Comment by cintakambing | April 14, 2010 | Reply

  5. oc.kpan2 smbil ngarasain susuny ….?1hr dah dpt brp liter?

    Comment by ardiyanto | April 14, 2010 | Reply

    • sippp… saat ini baru masuk ke 4 literan…
      program normalisasi kambing kiriman belum usai, Boss…

      Comment by cintakambing | April 16, 2010 | Reply

  6. pa khabar …bandar susu ciangmy..wedus dah nambah brapa? denger2 dah bikin kandng lg ya..suaalutt deh usahanye..

    Comment by padgosadex | April 26, 2010 | Reply

    • Baik,
      Alhamdulillah, hingga saat ini totally kambing di Ciangsana’s Farm ada sekitar 42-an ekor.
      Iya, Insya Allah bulan depan akan bikin kandang baru dengan kapasitas penambahan 25 ekor perah lagi.
      terima kasih.

      Comment by cintakambing | April 27, 2010 | Reply

  7. Selamat atas terplhny menjadi sekjen PB NU Wil bogor…kapan syukurannya…

    Comment by padgosadex | June 28, 2010 | Reply

  8. Pak Yanto,
    Bisa aja sampeyan…🙂

    Comment by cintakambing | June 28, 2010 | Reply

  9. Mat menjalankan ibadah puasa …dah lama gak kontek2 kan…giman kbar kambing susunya..

    Comment by padgosadex | August 17, 2010 | Reply

    • Alhamdulillah, baek2 saja, Pak Yanto..
      monggo mampir ke kandang…
      banyak kambing2 bagus…

      Comment by cintakambing | August 18, 2010 | Reply

  10. Randu kapan2 kalau ada waktu.KAMBINGNYA dah brapa pluh…sampai gak sempet mampir ke masjid…dapt slam sama ustd. diajak motong bebek….

    Comment by padgosadex | August 22, 2010 | Reply

  11. Oo.. ya kambingku mati 1lagi..yg habis beranak 2…bantar tekoooor…

    Comment by padgosadex | August 22, 2010 | Reply

  12. Kambing ada 65an ekor.
    Tetep ke mushola kopra sholatnya. Ke at-Taubah jd kurang khusyu’🙂
    Iya nih.. Jd kepaten obor sm Pak Ustadz..

    Comment by cintakambing | August 22, 2010 | Reply

  13. Sukses deh…persiapan boat lebaran haji ada nggak…
    Yaa..sillahturahmi aja sm pk ustad.dia skarang lg super sibuk juga..mau kawin ..he..he…

    Comment by padgosadex | August 24, 2010 | Reply

    • untuk lebaran haji akan kita pikirkan bulan depan saja..
      iya nih, sudah “kapeten obor” sama Pak Ustadz…
      kapan bakar ikan lagi??

      Comment by cintakambing | August 25, 2010 | Reply

  14. Monggo silahkan kapn aja okee …yg penting jangn smpai habis lebaran…hehe,,,

    Comment by padgosadex | August 28, 2010 | Reply

  15. ass..moga berkah pengjian padang bulanan.

    Comment by man taba salama | January 7, 2011 | Reply

    • Amin, Pak Ustadz.
      Kapan balik ke Jakarta, Pak??🙂

      Comment by cintakambing | January 10, 2011 | Reply

  16. bulan ini padang bulanan di mana ya? pak ..

    Comment by man taba salama | January 7, 2011 | Reply

    • Insya Allah, tanggal 20 Januari, Kamis malam Jum’at, Pak Ustadz.
      Lokasi pengajian di rumah saya…
      matur nuwun.

      Comment by cintakambing | January 10, 2011 | Reply

  17. yun ni yek jum. baru tak lihat di atas tu fotonya sapa?.kambing yang di lamongan sakit melulu.dikasih nama jenny.skrang uda jadi kambing cantik

    Comment by wafi-rara | September 1, 2011 | Reply


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: