Ciangsana Farm

# peternakan kambing perah di pinggir Jakarta#

#023: Belajar Diperah


Kambing perah gelombang-1 datang Senin pagi, 22 Maret 2010. Dari pengiriman 20 ekor, saya reject 13 ekor karena tidak sesuai dengan spesifikasi yang kita butuhkan. Sisa 7 ekor, Selasanya, 23 Maret kita mandikan. Sorenya, disuntik vitamin. Seminggu kemudian, Minggu, 28 Maret 2010 ke-7 ekor kambing perah itu kita suntik obat anti parasit (budug, koreng, kudis, cacing, kutu).

model susu kambing perah#1

Karena kambing habis perjalanan jauh biasanya stress, maka perlu kita pahami manajemen stress dari para kambing. Jika penanganan benar dan baik, stressnya bisa hilang paling cepat 2 minggu. Jika teledor penanganannya, bisa 2 bulan. Karenannya, pakan hijauan, ampas (tahu dan tempe), konsentrat dan  gula merah selalu kita manjakan buat mereka.

model susu dari kambing perah#2

Karena kambing dari kampung yang tidak terbiasa diperah, maka Selasa malam, 23 Maret 2010 kita coba perah. Sebagai bagian dari proses perkenalan pada para kambing dan juga untuk “memancing” agar para kambing perah itu terbiasa pola produksi susu.

modul susu dari kambing perah#3

Lumayan, pemerahan pertama itu dapat 8 kantung (@200 cc/200ml/kantung). Saya bagi-bagikan ke tetangga dan orang2 yang lebih membutuhkan. Yang lagi sakit strooke, sakit asma, dll. Rabunya, 24 Maret kita coba perah ke-2. Dapatnya 2 kantung. Sabtunya, 27 Maret kita perah yang ke-3. Dapatnya 6 kantung.

model susu dari kambing perah#4

Moral story-nya, kambing stress ternyata tidak bisa diperah tiap hari. Tapi paling tidak 2 hari atau 3 hari sekali. Cara ini agar si kambing tidak kaget, dan agar mereka mengenal dan belajar produksi.

model susu dari kambing perah#5

model susu dari kambing perah#6

model susu dari kambing perah#7

(c) aGusJohn,
Ciangsana, 29 Maret 2010

March 29, 2010 - Posted by | info susu kambing

No comments yet.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: