Ciangsana Farm

# peternakan kambing perah di pinggir Jakarta#

#053: Mengakali Ketersediaan Pakan


cempe2 paling doyan acak2 pakan yang baru datang

Bisnis telco, warung, ekspedisi atau bentuk usaha-usaha jasa lainnya tergolong contoh usaha yang bersentuhan tentang benda mati. Sementara ternak (sapi, kambing, kerbau, unggas, dll) merupakan bentuk usaha benda-benda hidup. Tentu keduanya berbeda penanganannya, dan saya yakin tingkat kesulitannya lebih tinggi mengurus benda hidup daripada usaha benda mati.

Bagi usaha benda hidup, kebutuhan pakan menjadi syarat mutlak yang harus dipenuhi. Kurang pun bisa jadi kendala. Misal, konsumsi 80 ekor kambing dalam sehari harus membutuhkan 12 karung, jika tersedia 10 karung saja, maka akan berpengaruh pada kambing. Misalnya: kambing jadi berisik karena merasa kurang makan (tidak sesuai kebiasaan). Kedua, kambing yang diperah biasanya produksi susunya berkurang. Ketiga, kambing akan kelihatan kurus kurang makan jika masalah itu berkelanjutan. Begitupun jika kurang pakan yang mengandung protein seperti ampas tahu, ampas tempe.

cempe PE 6 bulanan lagi makan rumput baru

Mengingat anak kandang hanya mempekerjakan 3 orang, maka Ciangsana’s Farm cari solusi. Anak-anak SMP, SMA, SD di sekitaran kandang yang ingin uang jajan atau untuk bayar SPP bulanan maka bisa membantu cari pakan hijauan. Caranya cukup mudah, sepulang mereka dari sekolah langsung ngarit/cari rumput. Sekarung nggoceng! 5000 ribu per karung lumayan bagi mereka. Asumsinya, jika sehari sekarung selama sebulan maka mereka dapat uang jajan 150 ribu dari kandang. Jika mampu dua karung bisa 300 ribu. Dan konsep ini pun tetap jalan. Proses Neighbor Social Responsibility (NSR) secara paralel jalan.

Konsep ini akan jalan terus sebelum Ciangsana’s Farm mendapatkan anak kandang yang benar-benar TAFT/tangguh untuk membantu anak kandang yang sudah ada. Karena bagaimanapun, sistem gajian bulanan lebih efisien bila dibandingkan dengan sistem model borongan seperti ini.

Sambil menyelam minum air.

Salam,
(c) aGusJohn,
Jakarta, 23 Juli 2010

July 23, 2010 - Posted by | umum

No comments yet.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: