Ciangsana Farm

# peternakan kambing perah di pinggir Jakarta#

#059: Kolesterol Sapi Lebih Tinggi dari Kambing


betina Etawa Jawa Timuran... body-nya besar bangett..

Entah salah-kaprah atau memang kita dijejali perspektif/pandangan/wawasan yang salah tentang perkambingan oleh rezim-rezim negara tercinta kita ini, terbukti wawasan di masyarakat bahwa makan daging kambing (seolah-olah) “LEBIH BERBAHAYA” daripada makan daging sapi.

Satu catatan menarik hasil penelitian yang dipublikasikan di Oklahoma, Amerika Serikat; yang ditulis Akhmad Sodiq dan Zainal Abidin dalam bukunya “Meningkatkan Produksi Susu Kambing Peranakan Etawa” (Agromedia Pustaka, 2008) bahwa masyarakat di Amerika telah terjadi perubahan pola konsumsi daging. Jika sebelumnya lebih banyak mengkonsumsi daging sapi, berubah konsumsi ke daging ayam dan ikan.

Akibat terjadinya kontaminasi salmonella dan tingginya tingkat retensis hormon daging ayam, tingkat konsumsinya juga menurun. Begitu juga ketika mengkonsumsi ikan, setelah terjadi kontaminasi bahan beracun dan pestisida juga ikutan turun. Pilihan terakhir masyarakat Amerika adalah mengkonsumsi daging kambing.

Dalam penelitian tersebut juga disebutkan bahwa kandungan lemak kambing 50-60% lebih rendah bila dibandingkan dengan lemak sapi atau domba. Begitu pula kadar lemak jenuhnya.

betina Etawa Jawa Timuran.. Laktasi-1.

Membaca hasil riset di atas, penulis menjadi tercengang; bahwa selama ini kita sebagai masyarakat telah DIBODOHI (entah oleh siapa? Mungkin jin atau syetan yang melakukannya) untuk lebih mengkonsumsi daging sapi dibandingkan dengan daging kambing. Lebih parah lagi, PEMBODOHAN itu kemudian diikuti oleh IMPOR sapi dari negara-negara Barat berikut dagingnya yang membuat rusaknya harga sapi di pasaran dan membuat rugi dan merananya para peternak lokal.

Padahal, negara kita lebih potensial ternak kambing. Dan sampai sekarang pun harga kambing stabil dan cenderung terus naik. Beda dengan sapi. Harga jual hidup menurun, tapi harga dagingnya terus naik.

Kita hidup di bangsa yang aneh, bukan??

Salam,
(c) aGusJohn,
Ciangsana, 10 Agustus 2010

August 10, 2010 - Posted by | ARTIKEL PERKAMBINGAN

No comments yet.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: