Ciangsana Farm

# peternakan kambing perah di pinggir Jakarta#

#071: Pakan Penggemukan


 

bakalan yang bisa digemukkan... (koleksi Ciangsana's Farm)

 

Bicara masalah “penggemukan”, maka orientasinya adalah usaha kambing segmen daging/potong. Targetnya bisa supplay ke jagal untuk supllay kebutuhan pasar daging, aqeqah atau qurban. Tipenya dominan kambing jenis kacang dan Jawa Randu, serta domba.

Kambing bakalan yang akan digemukkan dapat diperoleh dari anak kambing lepas sapih atau sekitar umur 8 bulan. Penggemukan kambing jantan lebih cocok daripada kambing betina karena pertambahan berat badannya lebih cepat dan tinggi.

Walau istilahnya penggemukan, lemak yang dihasilkan dalam karkas tidak boleh tinggi. Karkas yang diharapkan adalah kandungan daging tinggi dengan sedikit lemak. Karenanya, dibutuhkan pakan yang baik dan terukur.

Pakan yang diberikan berupa rumput2-an (60%) dan daun kacang2-an (40%) sebagai pakan pokok dengan jumlah tidak terbatas. Konsentrat diberikan sebanyak 1 kg/ekor/hari dengan frekuensi 2x sehari. Atau, dengan jatah 0,5 kg/ekor pada pagi jam 08:00 dan 0,5 kg/ekor pada sianghari jam 14:00 WIB. Kebutuhan air minum harus selalu tersedia.

Kambing yang digemukkan secara semi-intensif atau digembalakan, sebaiknya pakan penguat diberikan sekali dalam sehari sebanyak 0,5 kg/ekor/hari. Kambing yang digemukan secara intensif pertumbuhan berat badan harian bisa mencapai 100-150 gram/hari, sedangkan secara tradisional atau semi-intensif hanya 30-50 gram/hari.

*dikutip dari B. Sarwono, “Beternak Kambing Unggul”, Penebar Swadaya Cet-26, Th. 2008 dengan ditambahkan sedikit pengalaman dari Ciangsana’s Farm.

Salam,
(c) aGusJohn,
Ciangsana, 12 Oktober 2010

October 12, 2010 - Posted by | ARTIKEL PERKAMBINGAN

No comments yet.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: