Ciangsana Farm

# peternakan kambing perah di pinggir Jakarta#

#080: Wabah Lumpuh? Jika Kambing Kekurangan Kalsium


contoh: Betina Etawa Senduro koleksi Ciangsana Farm

Di sekitaran akhir November dan awal Desember 2010, 3 ekor kambing betina bunting di kandang tiba2 lumpuh -ditambah dengan 2 ekor kambing perah yang tiba2 terjatuh dan kejang2. Betina bunting yang lumpuh, makannya tetap doyan, tapi tubuhnya lemas. Badannya mengurus, matanya jadi kelihatan cekung.

Selidik punya selidik, ternyata kejadian itu juga dialami di beberapa peternakan di seputaran Bogor. Ada satu peternakan besar sekitar 30-an ekor mengalami nasib yang sama. Kata mereka, itu seperti wabah; penyakit yang mendadak datang begitu saja; penyakit pembawa kematian. Ternak yang terserang, tidak lebih dari seminggu kemudian mati. Kambing bunting yang mati itu terdiri dari 2 ekor jenis Etawa Senduro, 1 ekor jenis Sapera. Sementara yang sedang diperah berjenis Etawa Kaligesing dan Jawa Randu.

Teman2 peternak bilang “wabah”,  tapi menurut dugaan saya itu karena perubahan cuaca yang ekstrim. Panas matahari yang menyengat berhari-hari, berminggu-minggu, kemudian mendadak hujan deras diiringi angin kencang membuat cuaca begitu dingin menggigil. Mungkin faktor cuaca ini sebagai salah satu faktor kematian tersebut. Indikasinya karena cempe2 (anakan kambing umur di bawah sebulan) juga ikutan mati (3-6 ekor) dengan diawali bulunya mendadak semrawut (tidak rapi), kemudian menggigil kedinginan pada saat peralihan cuaca tersebut.

Menurut Mas Bondan (Bumiku Hijau Farm) yang saya hubungi via phone, untuk kasus ternak bunting kemudian tiba2 lumpuh itu bisa dikarenakan akibat kekurangan kalsium; zat penguat tulang. Asumsinya, kambing perah yang sedang bunting, kebutuhan kalsiumnya sangat tinggi. Di samping kalsium untuk kebutuhan janin, juga untuk perkembangan susu/ambing yang kian membesar menjelang lahiran. Uniknya memang yang terserang penyakit lumpuh betina yang usia kebuntingannya > 4 bulan (1 minggu s/d 1 bulan sebelum kelahiran).

Solusinya:
akhirnya saya carikan obat kalsium (Calc) yang biasnya dikonsumsi ibu hamil. Bentuknya seperti pil dengan harga generik; bervariasi antara Rp. 50,- s/d Rp. 600,- per butir. Obat2 seperti ini banyak dijumpai di apotik2 pinggir jalan. Kebanyakan bermerk: KF, kabe farma, atau NOVA.
Cara pemakaiannya:
saya larutkan dalam susu sapi yang dikonsumsi oleh cempe2 yang lepas sapih karena induknya diperah, atau dicampur dengan ampas tahu/tempe untuk konsumsi kambing2 yang besar (> dara/jantan muda).

Alhamdulillah, kondisi cempe dan kambing kelihatan lebih segar, lebih giras, dan tidak ada lagi yang lumpuh. Idealnya, untuk cempe diberikan setiap hari dengan 1 pil/ekor. Untuk betina bunting/dara minimal seminggu sekali 1 pil/ekor.

Smoga bermanfaat.
Terima kasih Mas Bondan atas sharing ilmunya..!!

Salam,
(c) aGusJohn,
Ciangsana, 17 Januari 2011

January 17, 2011 - Posted by | ARTIKEL PERKAMBINGAN

9 Comments »

  1. salam kenal pak dari kami peternakan kambing umban sari. pekanbaru Riau .
    kami jua mengalami hal seperti di atas.

    Comment by imran | January 20, 2011 | Reply

  2. Salam kenal Pak. . .!!saya dari KAU Farm
    Ketika kambing saya ada yang lumpuh saya suntik Calsidex 5cc, tp masalahnya sembuhnya lama sekitar 1-2 minggu.apa ada pengobatan yang lebih cepat??

    Comment by gigit eko pujiwahyudi | May 20, 2011 | Reply

  3. salam kenal kambing saya seperti lumpuh tapi kalau di angkat di dirikan mua dan bisa berjalan kalau sdh duduk gak bisa lagi sediri adakah obat nya

    Comment by Nigitha CiicweLuthu'baeckhatysangadh | July 11, 2011 | Reply

  4. mas sana ahmat lian mau numpang tanya kalao kambing lumpuh ngak bisa berdiri tapi nafsu makan ok, penangananya bagei manaya? Kambing saya usia sekitar 4 bulan

    Comment by lian | May 7, 2012 | Reply

    • lumpuh itu karena kekurangan kalsium..
      pencegahan:
      – secara rutin diberikan asupan yang mengandung kalsium; bisa berupa bubuk mineral/kalsium dll

      penyembuhan:
      -yang efektif disuntik dengan kalsium. takaran sesuai dengan dosis di obatnya

      Comment by cintakambing | May 21, 2012 | Reply

  5. salam kenal, pak harno kudus. kami kami tiba2 menjelang kelahiran tiba2 lumpuh. sekarang sudah melahirkan cempe dua dengan selamat. induknya sampai sekarang masih lumpuh. tak kasih obat kalsium juga sudah. ke dokter/ mantri hewan juga sudah. jalan apa yang saya tempuh.

    Comment by suharno | November 6, 2012 | Reply

  6. thx pak infonya , anak kambing sya mengalamin ini jg

    Comment by Luqman | December 20, 2012 | Reply

  7. maaf aku jg pernah ngalami kambing lumpuh tapi dapet elmu kuno yg mujarap,yaitu dengan cara di kasih air kapur yg udah bening/biarin mengendap,adukan air kapur yg paling bagus kapur yg udah di bakar yg masih utuh di masuk kan air biarin mendidih setelah dingin dan bening di campur 2 sendok gula putih, pakan nya di kasih kulit pisang stelah 30 menit bantu berdirikan semoga manfaat

    Comment by bari purnomo | January 2, 2013 | Reply

  8. […] Ini juga ada Info serupa https://cintakambing.wordpress.com […]

    Pingback by Pemberian Pakan Fermentasi untuk Pembiakan Kambing | July 29, 2014 | Reply


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: